Sejarah Motor GL Series



 Hallo Lurr..Kali ini saya akan membahas motor tunggangan gue .yaitu motor GL .warisan dari bokap gue . ternyata terselip kisah yang sangat tidak kita duga .silahkan membaca








Setelah kemunculan Honda CB yang populer pabrikan sayap mengepak, Honda, mengeluarkan motor penerusnya yakni Honda GL Series. Honda GL yang digadang-gadang oleh Honda untuk melanjutkan kejayaan sang kakak, Honda CB, pertama kali muncul pada tahun 1979.



Honda GL muncul di ranah otomotif tanah air dengan 2 kapasitas engine yang berbeda, 100cc dan 125cc. Penggemar otomotif tanah air pun tertarik dengan kuda besi yang berbeda ini karena di kala itu ranah otomotif roda 2 tanah air masih penuh dengan asap putih alias 2 tak. Di tahun 1979, awal kemunculannya, desain Honda GL sedikit menyerupai Honda CB, lampu, speedometer dan tachometer masih bulat. Lampu belakang mirip dengan Honda CB dengan lampu sein belakang tertempel di behel belakang. Kaca spion berbentuk bulat, rem depan sudah memakai cakram tetapi masih menggunakan kabel alias mekanis.

Tahun 1982, Honda GL mengalami perubahan desainnya. Lampu, speedometer dan spion berbentuk kotak sedangkan dudukan lampu belakang menjadi satu dengan lampu sein yang berubah menjadi kotak juga. Di tahun berikutnya, tahun 1985 Honda GL Series mengubah sistem pengapiannya yang semula memakai Platina menjadi CDI. Di tahun ini pula muncul sang adik yaitu Honda GL Max yang berkapasitas 125cc dan Honda GL Pro yang berkapasitas 145cc.



Honda GL Pro di tahun 1992 mengalami perubahan di warna engine. Yang semula berwarna putih keabu-abuan menjadi hitam. Seri GL Pro ini lebih dikenal dengan Honda GL Pro Black Engine. Seri GL Pro Black Engine ini terkenal lebih bandel dan lebih tangguh dibandingkan dengan seri GL Pro yang sebelumnya.

Di tahun 1996 Honda akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi GL 100 . Sedangkan Honda GL Max dan GL Pro yang masih tetap berjalan melanjutkan perjalanannya di ranah otomotif tanah air. Honda GL Max dan GL pro di tahun ini mengalami perubahan lagi, yakni menjadi GL Max Neotech dan GL Pro Neotech. GL Pro Neotech naik kapasitas dapur pacunya yang awalnya 145cc menjadi 160cc yang menambah tenaga kuda besi menjadi lebih mumpuni untuk melawan motor sekelasnya.

Umur GL Pro Neotech akhirnya habis di tahun 2000 sedang saudaranya, GL Max Neotech masih melanjutkan perjalanannya. Tahun 2005 Honda mematikan GL Max Neotech.

Walau sudah lama mati, Honda GL Series yang pernah berjaya di masanya sekarang tetap memiliki penggemar tersendiri karena karakter engine yang bandel dan tangguh serta desainnya yang berbeda dengan yang lain. Nama GL sendiri adalah singkatan dari Gin Linamoto yang merupakan kakek moyang pendiri honda, Soichiro Honda.
berikut spek dan fotonya


Honda GL 100, GL 100, GL 100 Series
Honda GL 100
Honda GL 100, merupakan salah satu dari seri motor pabrikan asal jepang, Honda, yang pernah berjaya di masanya. Keluar pertama kali di tahun 1979 bersama dengan saudaranya, Honda GL 125, Honda GL 100 ini tampil berani ditengah kepulan asap motor 2 tak kala itu.
Speedometer Honda GL 100, GL 100, GL 100 Series
Speedometer dan Tachometer Honda GL 100
Di awal kemunculannya ini Honda GL 100 masih berpenampilan menyerupai sang kakak, Honda CB, yang sebelumnya sudah lebih dulu populer. Di tahun 1982 desain kuda besi ini mulai berubah, dari lampu, speedometer, spion, dan lampu belakang sudah tidak lagi berbentuk kebulat-bulatan yang menjadi ciri khas Honda CB. Desain Honda GL menjadi lebih kotak yang menjadi image tersendiri bagi generasi Honda GL yang sampai kini dikenal dengan desainnya yang identik dengan lurus dan kotak.
Blok kop Honda GL 100, GL 100 CDI, GL Series CDI
Engine Honda GL 100
Setelah mengalami perubahan desain Honda GL 100 yang awalnya memiliki sistem pengapian platina kini diubah menjadi CDI di tahun 1985. Dengan sistem pengapian yang baru ini, pengomptimalan setting Honda GL 100 menjadi lebih mudah dibandingkan dengan platina. Dengan engine yang berkapasitas 105cc ini Honda GL 100 bisa memuntahkan tenaga sebesar 12 HP di putaran mesin 10000 per menit.
Kapasitas dapur pacu Honda GL 100. cc honda GL Series, Blok GL 100
Kapasitas dapur pacu Honda GL 100
Meski Honda GL 100 yang berkapasitas dapur pacu mini, motor ini tetap menjadi primadona di masanya karena kenyamanannya dan ketangguhannya. Karena itulah kuda besi ini bisa tetap diproduksi sampai tahun 1996 dan akhirnya “dibunuh” oleh Honda.
Tampak belakang Honda GL 100, Knalpot Honda GL 100 Orisinil, Knalpot GL 100
Tampak belakang Honda GL 100
Spesifikasi GL 100 :

Panjang x lebar x tinggi                  : 1900 x 735 x 1017 mm
Jarak sumbu roda                            : 1200 mm
Berat kosong                                   : 98,5 kg
Ban depan                                       : IRC 2,50-18 (4 PR)
Ban belakang                                  : IRC 2,75 -18 (4PR)
Jenis/kapasitas tangki bbm             : bensin/11,5 liter
Pemakain bahan bakar                    : 50 km/l pada kecepatan 50 km/jam
Engine                                             : 1 silinder/OHC
Pendingin                                        : udara
Kapasitas silinder                            : 105 cc
Diameter x langkah                         : 52 mm x 49,5 mm
Perbandingan kompresi                   : 9,2 :1
Daya maksimum                              : 12 HP/10000 rpm
Torsi maksimum                              : 0,85kgm/8500 rpm
Jenis/Kapasitas oli engine               : SAE 30 Kelas SE 1 liter


Honda GL Max Neotech, Honda GL Max, GL Max Neotech
Honda GL Max Neotech

Honda GL Max Neotech, merupakan generasi ketiga dari Honda GL Max yang mengusung teknologi terbaru dibanding sebelumnya. Diawali kemunculannya dengan GL Max Platina yang memiliki sistem pengapian platina kemudian dilanjutkan dengan generasi berikutnya, GL Max Black Engine yang muncul  atau GL Max Mesin Hitam yang diproduksi tahun 1987 sampai dengan tahun 1994 dan dilanjutkan oleh generasi terbaru, GL Max Neotech, di tahun 1995 sampai tahun 2005 yang menjadi tahun produksi terakhir Honda GL Max.
Honda GL Max Neotech, Honda GL Max, GL Max Neotech
Honda GL Max Neotech (Tampak Depan)
  
Kuda besi generasi lawas ini meski sudah discontinue sejak 2005, para penggemar otomotif tanah air masih memburunya karena memiliki karakter engine yang sejenis dengan Honda CB Series. Kebanyakan dari penggemar otomotif yang memburu GL Max Neotech atau generasi sebelumnya akan merubah bentuk motor tuo ini menjadi Honda CB. Karena untuk melakukan modifikasi dengan Honda GL Max sebagai basisnya, tak perlu perubahan banyak dibandingkan dengan motor lain.
Honda GL Max Neotech, Honda GL Max, GL Max Neotech
Honda GL Max Neotech (Tampak Samping)
Motor tuo ini sama seperti pendahulunya, Honda CB dan Honda GL 100, sudah terkenal tangguh dan mumpuni untuk diajak ke berbagai medan sulit. Terutama dijalan tanjakan yang ekstrim. Banyak pengguna Honda GL yang lalu lalang di jalan tanjakan tanpa mengalami kendala yang berarti, di jalur Gunung Bromo misalnya. Jarang ditemui Honda GL ini rewel seperti motor sekarang yang terkadang malah kalah bersaing dengan motor lansiran tahun lawas ini.
Honda GL Max Neotech, Honda GL Max, GL Max Neotech
Honda GL Max Neotech (Tampak Belakang)
Namun, dengan dapur pacu yang bisa digolongkan kecil, 125 cc, motor ini tak mampu bersaing di trek lurus dengan motor keluaran sekarang yang sudah mengusung teknologi lebih canggih dibandingkan dengan generasi kuda besi ini.
Spesifikasi Honda GL Max Neotech
Tipe
Sport Touring
Tahun Produksi
1995-2005
Engine
OHC, 4 Tak
Kapasitas Engine
124,1 cc
Bore x Stroke
56,5 x 49,5 mm
Rasio Kompresi
9,2 : 1
Sistem Pendingin
Udara
Sistem Pengapian
CDI-DC, Battery
Baterry
12 V – 4 Ah
Busi
ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
Transmisi
5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)
Kopling
Manual, Wet & double clutch
Starter
Kick


Dimensi

Panjang
1034 mm
Lebar
754 mm
Tinggi
1062 mm
Jarak Sumbu Roda
1281 mm
Tinggi Jok
772 mm
Jarak ke Tanah
149 mm
Kapasitas Oli Engine
0,9 liter
Kapasitas Tangki BBM
8 liter
Berat kosong
102 kg


Rangka
Diamond Steel
Suspensi

Depan
Telescopic
Belakang
Swing arm, Double Shock Absorbe
Ban

Depan
2,75 - 18 - 42P
Belakang
3,00 - 18 - 47P
Rem

Depan
Cakram Double Piston
Belakang
Tromol
Honda GL Pro Neotech, GL Pro Neotech, Honda GL Pro
Honda GL Pro Neotech

Honda GL Pro Neotech, merupakan jejeran Motor Tuo dari GL Series yang pernah menikmati kejayaan dimasanya. Motor ini pertama kali muncul di tahun 1995 dan akhirnya dimatikan oleh Honda di  tahun 1999.
Kuda besi yang memiliki kapasitas dapur pacu 160 cc atau lebih tepatnya 156,7 cc ini mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 14,7 hp di putaran mesin 8500 per menit. Meskipun memiliki kapasitas dapur pacu yang bisa dikatakan besar, GL Pro Neotech ini tergolong irit dalam hal konsumsi bahan bakar.
Keiritan GL Pro Neotech ini tak menjadi penghalang untuk kuda besi ini mengeluarkan karakter engine-nya yang responsif dan tangguh. Sebagai buktinya adalah masyarakat di pegunungan, banyak yang menggunakan Honda GL terutama GL Pro Neotech ini. Di Gunung Bromo misalnya, masyarakat sekitar memanfaatkan motor ini sebagai tunggangan sehari-hari untuk mencari nafkah dengan menjadi ojek yang mengankut wisatawan disana. Bahkan tak hanya wisatawan yang diangkut motor ini, motorpun yang tak kuat menghadapi tanjakan yang cukup ekstrim itupun terkadang juga menjadi penumpang di jok lurus kuda besi ini.

Honda GL Pro Neotech , GL Pro Neotech
Honda GL Pro Neotech Penakluk Gunung Bromo

Honda GL Pro Neotech, GL Pro Neotech, GL Pro
Honda GL Pro Neotech Penakluk Gunung Bromo
Desain GL Pro Neotech ini sendiri masih mirip dengan GL Pro Series dan GL Pro Black Engine yang tetap membawa ciri khas Honda GL yang memiliki desain lurus dan kotak. Tetapi untuk tenaga sendiri GL Pro Neotech ini mengalami penurunan dibandingkan dengan GL Pro Black Engine. Namun disisi lain GL Pro yang lebih update ini lebih irit dibandingkan dengan kedua kakaknya itu.
Honda GL Pro Neotech, GL Pro Neotech, GL Pro
Honda GL Pro Neotech
Spesifikasi Honda GL Pro Neotech
Tipe
Sport Touring
Tahun Produksi
1995-1999
Engine
OHC, 4 Tak
Kapasitas Engine
156,7 cc
Bore x Stroke
63,5 x 49,7 mm
Rasio Kompresi
9,0 : 1
Maximum Power
14,7 hp @ 8500 rpm
Maximum Torque
1,3 kgf.m @ 6500 rpm
Fuel System
Cylinder Ventury Carburator 24’’
Sistem Pendingin
Udara
Sistem Pengapian
CDI-DC, Battery
Battery
12 V – 4 Ah
Busi
ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
Transmisi
5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)
Kopling
Manual, Wet & double clutch
Starter
Kick
Drive
Chain (Rantai)


Dimensi

Panjang
2034 mm
Lebar
754 mm
Tinggi
1062 mm
Jarak Sumbu Roda
1281 mm
Tinggi Jok
772 mm
Jarak ke Tanah
149 mm
Kapasitas Oli Engine
0,9 liter
Kapasitas Tangki BBM
8 liter
Berat kosong
103 kg
Konsumsi BBM
51,4 km/liter pada kecepatan 50 km/jam


Rangka
Diamond Steel
Suspensi

Depan
Telescopic
Belakang
Swing arm, Double Shockbreaker
Ban

Depan
2,75 - 18 - 42P
Belakang
3,00 - 18 - 47P
Rem

Depan
Cakram, Double Piston
Belakang
Tromol (Drum)


Rantai Kamprat
Silent Chain
Gear Belakang
46
Noken As
2 Bearing


Komentar

Posting Komentar