Generasi Megapro yang masih jaya hingga sekarang


Honda Mega Pro, merupakan salah satu produk Honda di Indonesia yang menuai kesuksesannya dan Hingga saat ini masih keluar versi terbarunya.
Honda Mega Pro Generasi Pertama
Honda Mega Pro keluar pertama kali di tahun 1999. Mega Pro 160, generasi pertama ini dikenal dengan sebutan Mega Pro Neotech yang sebenarnya merupakan peralihan dari motor generasi legendaris sebelumnya, Honda GL Pro Neotech.
Honda Mega Pro 160 (Neotech)
Honda Mega Pro 160 (Neotech)
Engine Mega Pro 160 ini masih menggunakan engine GL Pro Neotech dengan kubikasi 160 cc tanpa dilengkapi electric starter. Tetapi desain motor ini sudah mengalami perubahan yang signifikan bila dibandingkan dengan GL Pro Neotech yang serba lurus dan kotak.
Desain Mega Pro 160 ini identik dengan desain yang membulat. Lampu depan, speedometer, tachometer, serta tangki dan body sudah membulat semua.
Spesifikasi Honda Mega Pro 160 Generasi Pertama
Tipe
Sport Touring
Tahun Produksi
1999-2001
Engine
4 Tak, OHC
Kapasitas Engine
156,7 cc (160 cc)
Bore x Stroke
63,5 x 49,5 mm
Rasio Kompresi
9,0 : 1
Maximum Power
13,3 Ps @ 8500 rpm
Maximum Torque
1,3 kgf.m @ 6500 rpm
Fuel System
Cylinder Ventury Carburator 24’’
Sistem Pendingin
Udara
Sistem Pengapian
CDI-DC, Battery
Battery
12 V – 4 Ah
Busi
ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
Transmisi
5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)
Kopling
Manual, Wet & double clutch
Starter
Kick
Drive
Chain (Rantai)


Dimensi

Panjang
2033 mm
Lebar
754 mm
Tinggi
1062 mm
Jarak Sumbu Roda
1281 mm
Jarak ke Tanah
149 mm
Kapasitas Oli Engine
0,9 liter
Kapasitas Tangki BBM
12,4 liter (rest : 2,3 liter)
Berat kosong
114 kg
Konsumsi BBM
51,4 km/liter pada kecepatan 50 km/jam


Rangka
Diamond Steel
Suspensi

Depan
Telescopic
Belakang
Swing arm with adjustable shock
Ban

Depan
2,75 - 18 - 42P
Belakang
3,00 - 18 - 47P
Rem

Depan
Cakram, Double Piston
Belakang
Tromol (Drum)
Honda Mega Pro Generasi Kedua
Generasi Mega Pro 160 selanjutnya muncul di tahun 2002. Dari sisi desain, Mega Pro generasi kedua ini tidak mengalami perubahan kecuali striping yang lebih manis dan eye catching. Sedangkan engine sendiri, Mega Pro 160 ini mengalami penambahan electric starter yang sebelumnya belum dimiliki Mega Pro generasi pertama. Kemudian di tahun 2004 Honda mengeluarkan Mega Pro 160 CW.

Honda Mega Pro 160 Generasi kedua
Honda Mega Pro 160 Generasi kedua
Honda Mega Pro 160 Generasi kedua CW
Honda Mega Pro 160 Generasi kedua CW

Spesifikasi Honda Mega Pro 160
Tipe
Sport Touring
Tahun Produksi
2002-2005
Engine
4 Tak, OHC
Kapasitas Engine
156,7 cc (160 cc)
Bore x Stroke
63,5 x 49,5 mm
Rasio Kompresi
9,0 : 1
Maximum Power
13,3 Ps @ 8500 rpm
Maximum Torque
1,3 kgf.m @ 6500 rpm
Fuel System
Cylinder Ventury Carburator 24’’
Sistem Pendingin
Udara
Sistem Pengapian
CDI-DC, Battery
Battery
12 V – 4 Ah
Busi
ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
Transmisi
5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)
Kopling
Manual, Wet & double clutch
Starter
Electric Starter, Kick Starter
Drive
Chain (Rantai)


Dimensi

Panjang
2033 mm
Lebar
754 mm
Tinggi
1062 mm
Jarak Sumbu Roda
1281 mm
Jarak ke Tanah
149 mm
Kapasitas Oli Engine
0,9 liter
Kapasitas Tangki BBM
12,4 liter (rest : 2,3 liter)
Berat kosong
114 kg
Konsumsi BBM
51,4 km/liter pada kecepatan 50 km/jam


Rangka
Diamond Steel
Suspensi

Depan
Telescopic
Belakang
Swing arm with adjustable shock
Ban

Depan
2,75 - 18 - 42P
Belakang
3,00 - 18 - 47P
Rem

Depan
Cakram, Double Piston
Belakang
Tromol (Drum)

Honda Mega Pro Generasi Ketiga
Generasi ketiga adalah Mega Pro 160 Advance atau lebih ramah didengar Mega Pro “Primus”. Sebutan ini muncul karena bintang iklan generasi ketiga Mega Pro adalah Primus Yustisio. Mega Pro Primus ini muncul di pasaran tahun 2006.

Honda Mega Pro 160 Advance "Primus"
Honda Mega Pro 160 Advance "Primus"
Mega Pro Primus ini mengalami perubahan dari versi Mega Pro sebelumnya. Desain body tengah terlihat menyambung dengan body belakang. Desain tangki juga berubah menjadi lebih tinggi serta mengalami penurunan volume dari versi sebelumnya. Selain itu desain lampu belakang juga berubah mengikuti desain body. Namun untuk engine sendiri, Mega Pro Primus ini masih mengusung engine yang sama seperti sebelumnya.
Honda Mega Pro Advance merupakan Seri dari Honda Mega Pro generasi ketiga setelah generasi kedua Mega Pro dihentikan produksinya. Kuda besi ini diluncurkan ke pasaran pada tahun 2006 sebelum dihentikan produksinya di tahun 2009 untuk digantikan oleh New Mega Pro.

Mega Pro Advance Alias Mega Pro "Primus"
Meski diluncurkan dengan nama Mega Pro Advance, motor ini lebih akrab dengan sebutan Mega Pro "Primus". Nama Primus sendiri muncul karena bintang iklan generasi ketiga Mega Pro ini adalah Primus Yustisio yang memang karirnya sedang memuncak kala itu. Maka tak heran jika Mega Pro generasi ketiga ini disebut Mega Pro "Primus".
Desain Mega Pro Primus
Mega Pro Advance a.k.a Mega Pro Primus memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan Mega Pro generasi pertama dan kedua. Jika generasi kedua Mega Pro hanya mengalami perubahan stripping dari generasi pertama Mega Pro, desain Mega Pro Primus ini mengalami perubahan desain "lengkungan" yang lebih halus dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
Selain perubahan tersebut, desain body tengah Mega Pro Primus berubah menjadi lebih menyatu dengan body belakang. Tangki bahan bakar generasi ketiga Mega Pro ini menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Selain itu kapasitas tangki bahan bakar Mega Pro Primus yang memiliki volume 13,2 liter ini lebih kecil dibandingkan dengan kapasitas tangki bahan bakar Mega Pro generasi pertama dan kedua yang mampu menampung 14,7 liter bahan bakar.
Desain lampu depan atau headlamp masih seperti generasi kedua. Sedangkan desain lampu belakang mengalami perubahan dari generasi sebelumnya. Lampu belakang Mega Pro Primus memiliki desain yang lebih "tajam" dan meruncing dibandingkan dengan desain lampu belakang Mega Pro generasi kedua. Desain lampu belakang Mega Pro Primus ini mengikuti desain body agar lebih terlihat serasi dan elegan.

Engine Mega Pro Primus
Engine yang diusung Mega Pro Primus masih sama seperti engine yang dibenamkan pada Mega Pro generasi kedua. Memiliki kapasitas dapur pacu 156,7 cc (160 cc), mampu menghasilkan power maksimum 13,3 PS @ 8500 rpm dan torsi 1,3 kfm.m @ 6000 rpm.
Teknologi OHC 4 Tak 5-Speed yang memiliki kompresi 9 : 1 mampu didinginkan tanpa sistem pendingin tambahan alias didinginkan dengan sistem pendinginan udara.
Kaki - Kaki Mega Pro Primus
Mega Pro Primus yang masih memiliki silsilah keturunan Honda GL memiliki diameter roda yang sama dengan generasi Honda GL lainnya, yakni 18 inch.
Honda Mega Pro Advance - Mega Pro Primus
Honda Mega Pro Advance - Mega Pro Primus
Spesifikasi Honda Mega Pro Advance - Mega Pro Primus

Tahun Produksi : 2006 - 2009
Mesin : 4-stroke, OHC, 1 silinder
Diameter x langkah : 63.5 x 49.5 mm
Kapasitas mesin (volume langkah) : 156.7 cc (160)
Perbandingan kompresi : 9.0 : 1
Pendingin : udara
Max. power : 13.3 ps @ 8500 rpm
Max. torsi : 1.3 kgf.m @ 6000 rpm

Transmisi : 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Kopling : manual, tipe basah dan plat majemuk
Battery/ accu : 12V - 5 Ah
Pengapian : DC - CDI, Battery
Starter : electric dan kick
Busi : ND X 24 EP - U9/MGK DP8 EA-9
Tangki bbm : 13,2 liter
Berat :
- 126 kg, tipe SW
- 127 kg, tipe CW

Dimensi :
Panjang x lebar x tinggi : 2034 x 754 x 1065 mm
Jarak sumbu roda : 1281 mm
Jarak ke tanah : 149 mm
Tinggi jok : 774 mm

Rangka : pola berlian (diamod style)
Suspensi :
- depan : teleskopik
- belakang : swing arm, double shockbreaker
Ban :
- depan : 2.75 - 18 42P
- belakang : 3.00 - 18 47P
Rem :
- depan : cakram hidrolik dengan piston ganda
- belakang : tromol 
Honda Mega Pro Generasi Keempat
Generasi Mega Pro keempat muncul dengan nama New Mega Pro 150. New Mega Pro 150 ini dilepas ke pasaran di tahun 2010. Generasi keempat Mega Pro ini mengalami penurunan kapasitas silinder, dari 160 cc menjadi 150 cc. Dengan karburator vakum, New Mega Pro 150 ini lebih lebih irit dalam konsumsi BBM. Namun disisi lain, terjadi penurunan peforma karena turunnya kapasitas engine tersebut.

Honda New Mega Pro 150
Honda New Mega Pro 150
Tetapi dengan engine yang benar-benar baru ini New Mega Pro 150 ini mampu lebih banyak meminimalisir getaran dari engine versi lawas. Meski mengalami penurunan kapasitas engine, New Mega Pro 150 ini memiliki power maksimum lebih tinggi dibandingkan dengan Mega Pro Primus. New Mega Pro 150 memiliki power maksimum sebesar 13,7 ps sedangkan Mega Pro Primus hanya sebesar 13,3 ps.
Selain engine yang baru, New Mega Pro 150 ini juga mengalami perubahan desain yang cukup banyak. Mulai dari Headlamp, Rearlamp, tangki, shroud, knalpot, serta penggunaan monoshock untuk shockbreaker belakang.
Desain

Honda New Mega Pro, mengalami perubahan desain yang signifikan dibandingkan pendahulunya. Jika Honda Mega Primus sudah mengalami perubahan dari Honda Mega Pro generasi pertama dan kedua, Honda New Mega Pro ini lebih mencolok lagi perubahannya.

Secara keseluruhan "Tubuh" Honda New Mega Pro ini lebih besar dibandingkan versi sebelumnya. Jadi tak mengherankan bila bobot Honda New Mega Pro lebih berat 7 kg dari Mega Pro Primus yang berbobot 127 kg.

Mulai dari Headlamp, Honda New Mega Pro memiliki headlamp yang sudah move on dari desain khas AHM yang saat itu masih lekat dengan neo-klasiknya. Headlamp Honda New Mega Pro lebih futuristik dan lebih besar dari sebelumnya.

Beralih ke Body, Honda New Mega Pro seperti yang dikatakan diatas, memiliki desain yang lebih besar dari desain Mega Pro sebelumnya. Bila Mega Pro Primus memiliki desain body yang melengkung-lengkung dengan konsep khas neo-klasik AHM, New Mega Pro ini tidak. Desain body New Mega Pro lebih kaku.

Engine
Engine yang diusung Honda New Mega Pro ini berbeda dari engine Mega Pro Primus. Sama seperti namanya, New Mega Pro, tak hanya tampang saja yang berubah, tetapi sektor engine juga berubah.

Engine Honda New Mega Pro sudah tidak lagi berbau generasi Honda GL. Alias baru.

Sebelumnya, Honda Mega Pro generasi pertama sampai ketiga, kapasitas engine adalah 160 cc. Kini engine yang dibekalkan oleh AHM "hanya" mengusung dapur pacu berkubikasi 150 cc.

Meski kubikasi dapur pacu turun 10 cc, Honda New Mega Pro mampu memuntahkan power maksimum sebesar 13,7 Ps @ 8500 RPM. Sedangkan untuk torsi maksimumnya adalah 1,31 kgf.m @ 6500 RPM.

Bila dibandingkan dengan Honda Mega Pro Primus, kemampuan engine New Mega Pro ini lebih unggul. Baik dari power dan torsi.

Sistem pendinginan Honda New Mega Pro masih menggunakan udara. Karena perbandingan kompresi motor ini tak terlalu tinggi, yaitu 9,5 : 1. Teknologi yang digunakan tetap, SOHC.

Engine New Mega Pro dipermanis dengan dicatnya crankcase dengan warna hitam. Sedangkan blok kop masih berwarna abu-abu.

Kaki - Kaki

Honda New Mega Pro memiliki diameter kaki-kaki 17 inchi, 1 inchi lebih kecil dari pendahulunya yang memiliki diameter ban 18 inchi. AHM nampaknya memang ingin meninggalkan image penerus Honda GL Pro yang melekat pada nama Mega Pro.

Sama seperti Honda Mega Pro Primus, tersedia 2 varian. Yaitu Spoke dan CW.

Fitur

Honda New Mega Pro, juga mengalami perkembangan di sisi fiturnya. Rem cakram yang dulunya hanya terdapat pada roda depan, kini roda belakang juga dilengkapi dengan fitur rem cakram tersebut.


Panel Meter Honda New Mega Pro 150
Panel Meter Honda New Mega Pro 150
Panel meter yang sebelumnya hanya berisi bacaan instrumen analog, pada New Mega Pro speedometer, fuel bar, serta odometer diubah menjadi digital. Sedangkan tachometer masih berupa analog.

Spesifikasi Honda New Mega Pro
Honda New Mega Pro 150
Honda New Mega Pro 150
Tipe mesin  : 4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan  : Pendinginan udara
Diameter x langkah  : 57,3 x 57,8 mm
Volume langkah  : 149,2 cc
Perbandingan kompresi  : 9,5 : 1
Power maksimum  : 13,7 PS/8.500 rpm
Torsi maksimum  : 1,31 kgf.m / 6.500 RPM
Kopling  : Manual, Multiplate Wet Clutch
Starter : Pedal dan starter elektrik
Busi  : NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9

Rangka : Pola Berlian (diamond steel)
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Tunggal (monoshock) dapat disetel keras dan lembut
Ukuran Ban depan : 80/100 – 17 M/C 46P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Ukuran Ban Belakang : 100/80 – 17 M/C 55P (tipe CW tubeless & tipe Spoke tube)
Rem depan : Cakram hidrolik dengan piston ganda
Rem belakang  : Tromol (Tipe Spoke), Cakram hidrolik dengan piston tunggal (tipe CW)

Dimensi (P x L x T): 2.050 x 757 x 1.075 mm
Jarak sumbu Roda: 1.313 mm
Jarak terendah ke tanah : 152 mm
Berat kosong: 136 kg (tipe spoke)/134 kg (tipe cw)
Kapasitas tangki bahan bakar:12,2 liter
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin:1 liter pada penggantian periodik
Transmisi: 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi: 1-N-2-3-4-5
Aki : MF battery, 12 V – 5 A.h
Sistem pengapian : DC – CDI Digital
Honda Mega Pro Generasi Kelima
Generasi kelima, New Mega Pro FI. Rilis di tanah air pada tahun 2014 dengan sistem pengabut bahan bakar yang baru, yakni injeksi. Dengan sistem injeksi ini konsumsi bahan bakar lebih sedikit dari versi sebelumnya yang masih menggunakan karburator.
Honda New Mega Pro FI
Honda New Mega Pro FI
Selain penggunaan sistem injeksi, shroud (tameng angin) juga berubah, footstep belakang kini juga berubah menjadi “gantung” dan knalpot menjadi lebih panjang dari sebelumnya.
Dari sisi peforma sendiri, New Mega Pro FI ini mengalami penurunan power dari versi sebelumnya, New Mega Pro 150. Dari yang sebelumnya 13,7 ps menjadi 13,3 ps. Power maksimum New Mega Pro FI ini sama seperti Mega Pro Primus.
Tipe Mesin:SOHC, 4 Langkah, 5 Kecepatan
Volume Langkah:149,5 cm3
Sistem Pendingin:Pendingin Udara
Sistem Suplai Bahan Bakar:Injeksi/PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter x Langkah :57,3 x 57,84 mm
Tipe Transmisi:5 Kecepatan
Rasio Kompresi:9,5:1
Daya Maksimum:9,8kW (13,3 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum:12,3 Nm (1,25 kgf.m) / 6.500 rpm
Pola Pengoperan Gigi:1-N-2-3-4-5
Tipe Starter:Starter Kaki & Starter Elektrik
Tipe Kopling:Manual, Multiplate Wet Cluth with Coil Spring
Kapasitas Tangki Bahan Bakar:12,3 Liter
Kapasitas Minyak Pelumas:1,0 Liter pada penggantian periodik
Panjang x Lebar x Tinggi:2.052 x 742 x 1.079 mm
Jarak Sumbu Roda:1.316 mm
Jarak Terendah ke Tanah:156 mm
Curb Weight:135 kg
Tinggi Tempat Duduk:774 mm
Radius Putar Minimum:1900 mm
Tipe Rangka:Pola Berlian
Tipe Suspensi Depan:Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang:Tunggal (dapat disetel keras dan lembut)
Ukuran Ban Depan:80/100 - 17 M/C 46P
Ukuran Ban Belakang:100/90 - 17 M/C 55P
Rem Depan:Cakram Hidrolik dengan piston ganda
Rem Belakang:Cakram Hidrolik dengan piston tunggal
Aki:Baterai 12V-3Ah
Sistem Pengapian:Full Transisterized
Tipe Busi: NGK CPR9EA9

Komentar